Pengaruh pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat

Ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan pengaruh pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat. Salah satu hasil penelitian itu bisa anda di Jurnal AGRIFOR Volume XIV Nomor 1, Maret 2015 yang ditulis oleh Maryanto dan Abdul Rahmi dari fakultas pertanian Fakultas Pertanian, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Pada penelitian tersebut dilakukan percobaan kombinasi penggunaan 3 jenis pupuk organik yakni; kandang ayam, sapi dan trikoderma. Untuk pembaca ketahui, trikoderma adalah; mikroorganisme sejenis jamur, bisa diisolasi dan sangat sering digunakan sebagai pupuk organik. Trichoderma SP cukup banyak dijual dipasaran, karena memang diaplikasikan secara luas untuk berbagai tanaman pertanian dan perkebunan. Salah satu contoh merek trichoderma yang dijual dipasaran adalah Glio, Tricom-TM dan lain-lain. Harga pasaran Agen Trichoderma saat ini sekitar Rp. 100.000/ Kg, tersedia juga dalam kemasan lebih kecil Rp. 10.000/ 100 gr.



Dari banyak hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan trichoderma sebagai pupuk organik jauh lebih efektif daripada penggunaan pupuk kandang (baik kandang ayam maupun sapi). Pada penelitian Maryanto dan bdul Rahmi tersebut jelas terlihat bahwa dengan menggunakan trichoderma mereka menghasilkan berat buah tomat yang lebih besar dan berat bila dibandikang dengan hanya menggunakan pupuk kandang sapi ataupun ayam.

Pupuk kandang lebih cocok digunakan untuk pertumbuhan batang dan daun tomat, bukan untuk stimulasi pertumbuhan bunga dan buah. Bila ingin lebih efektif lakukan kombinasi pemberian pupuk kandang dan trichoderma pada saat yang tepat. Pada masa 2 – 4 minggu pupuk tomat dengan pupuk kandang dan saat 6 – 8 minggu beri trichoderma.

Berikut ini tampilan tabel hasil penelitian pengaruh pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat tersebut:
pengaruh-pupuk-kandang-terhadap-pertumbuhan-tanaman-tomat

Yang distabilo hijau adalah perlakuan dengan menggnakan pupuk kandang ayam, dan stabilo kuning adalah hasil dengan pemberian trichoderma terhadap tanaman tomat. Dosis yang menghasilkan buah terberat adalah dengan pemberian pupuk organik 30 ton/ ha. Jika dihitung dengan hitung-hitungan ekonomis maka perlakuan paling ekonomis adalah dengan pada dosis pupuk tomat organik 20 ton/ ha. Jika kita hanya ingin menanam tomat dalam pot di halaman rumah maka lakukan saja pemupukan dengan dosis terbaik. 



Demikianlah sekilas paparan tentang pengaruh pupuk organik terhadap tanaman tomat, lebih detail tentang dosis pupuk, waktu pemberian serta jenis kombinasi yang tepat bisa anda simpulkan sendiri dari gambar tabel diatas. Semoga bermanfaat..

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: