Cara menanam bunga mawar dalam pot.

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam bunga mawar dalam pot adalah sebagai berikut:

  1. Kombinasi medai tanam
  2. Stek batang buga mawar
  3. Menutup ujung potongan stek batang

menanam bunga mawar dalam pot

Tiga hal diatas sering tidak dihiraukan sehingga menanam stek batang tidak pernah bertunas bahkan mengering.

1. Kombinasi media tanam.
Wadah menanam bunga mawar dalam pot sudah pasti pot bunga, pot itu sendiri bisa saja menggunakan kaleng / ember bekas atau bisa juga membeli pot tanaman. Pot tidak menjadi faktor penting keberhasilan menanam bunga mawar tapi media tanam sangat menentukan cepat lambatnya pertumbuhan akar dari stek batang. Media tanam untuk bunga mawar yang paling tepat adalah sebagai berikut:

  • Humus
  • Pasir
  • Kompos
  • Sabut kelapa/ batu apung.

Adapun komposisi dari kombinasi media tanam tersebut adalah:
Humus 50 %, kompos 10%, pasir 20 % dan sabut kelapa/ batu apung sebanyak 20%. Cara menyusun media tanam bunga mawar dalam pot:


  1. Susun batu apung/ cincangan sabut kelapa di bagian dasar pot.
  2. Campur humus + pasir + kompos hingga rata dan isikan kedalam pot diatas susunan batu apung.
  3. Tutup pot dengan plastik dan biarkan selama sehari semalam.
  4. Pot siap ditanami stek batang bunga mawar



2. Stek batang bunga mawar.
Bibit bunga mawar yang baik adalah berasal dari batang tua, cirinya; warna kecoklatan dan berbatang keras. Panjang minimal bibit batang bunga mawar tidak ada, tapi jumlah ruas tumbuh daun/ cabang minimal 3 ruas. Pencinta bunga mawar sering gagal menanam karena tidak memperhatikan jumlah ruas ini.

3. Menutup ujung potongan stek batang.
Saat menanam stek batang bunga mawar pastikan ujung kearah pucuk di bagian atas. Maksud menutup ujung potongan; bagian ujung pucuk ditutup dengan plastik, hal ini untuk mengurangi penguapan kadar air di batang mawar agar tidak cepat mengering sebelum tumbuhnya akar.


Dengan memperhartikan tiga hal diatas bisa dipastikan 80 % bibit bunga mawar dari stek batang akan tumbuh dengan baik. Terkait penggunaan root booster supaya bunga mawar cepat tumbuh rasanya tidak terlalu diperlukan, sebab bunga mawar termasuk tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. Asal kita memilih batang yang cukup umur, jumlah ruas (buku) minimal 3 dan tak lupa menutup ujung potongan arah pucuk mawar maka bisa dipatikan kegiatan menanam bunga mawar dalam pot akan berhasil.


Demikianlah cara menanam bunga mawar dalam pot yang bisa penulis sampaikan, untuk diskusi dan tanya jawab silahkan sampaikan melalui form dibawah.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: