Menanam Kangkung Dari Potongan Akar

Saslah satu sayuran yang mudah dikembangkan di halaman rumah adalah kangkung. Untuk mendapatkan bibit kangkung juga tergolong mudah, kalau hanya untuk skala pakai sendiri cukup guakan sisa potongan akar kangkung dari pasar dan tanam dalam pot, tidak perlu secara khusus memesan bibit kangkung berupa biji.

Cara menanam kangung dari potongan akar
Maksud potongan akar disini adalah sisa sayur kangkung yang kita beli dari pasar, bagian batang bawah hingga akar tentu tidak ikut disayur atapi dibuang ke tempat sampah. Sisa potongan ini bisa ditanam kembali dan menghasilkan tanaman kangkung baru dan bisa dikembang biakkan bahkan untuk memproduksi bibit biji kangkung sakalipun.

Agar sisa potongan batang akar kangkung tumbuh cepat dan baik:
Sisakan potongan batang sepanjang 5 Cm
Isi pot tanaman dengan campuran pasir dan humus ditambah sedikit kompos bila ada
Tutup bagian potongan kangkung dengan plastik ikat dengan karet
Tanam batang tersebut hingga seluruh bagian putih (akar dan pangkal batang) tertutup tanah.
Siram pot dengan air higga kelembapan 60 %
Seminggu pertama tunas baru akan muncul

Ciri lembab 60% adalah tanah terlihat basah tapi kalau pot diangkat tidak ada tetesan air. Toleransi tanaman kangkung terhadap air cukup tinggi, jadi walaupun terjadi genangan dalam pot biasanya kangkung darat tumbuh dengan baik, asalkan bagian sayatan batang tidak terendam air. Untuk itu diperlukan menutup bagian sayatan dengan plastik yang diikat karet.

Umur 2 minggu masa sejak tanam, sudah bisa diberikan pemupukan pertama. Pupuk yang digunakan cukup NPK saja, beri dengan cara ditabur di sekitar permukaan tanah media tanam. Selain NPK kita juga bisa memberi urea. Pengendalian hama tanaman kankung cukup dengan manual saja, musuh/ hama utama tanaman kangkung hanya belalang. Kalau kita menanamnya di halaman rumah belalang cukup terkendali karena jarang sekali ada belalang di halaman rumah.

Jika ingin memelihara kangkung sebagai cikal pembibitan maka sebaiknya semprot juga tanaman dengan zat buah, bisa dibeli di toko pupuk pertanian. Biarkan saja kangkung tersebut hingga berbunga dan berbuah, panen buah setelah berwarna kekuningan dan ambil bijinya untuk dijadikan bibit. Bibit biji kangkung ini bisa dijual baik secara online maupun offline. Saat ini permintaan biji kangkung cukup tinggi.



Related:

Share this article :
Fb Tweet G+