Menanam tomat di halaman rumah

Banyak kita yang hobi menanam tanaman sayur seperti tomat di halaman rumah. Selain sebagai tanaman sayur, ternyata tomat juga bisa dijadikan tanaman hias untuk mempercantik kebun halaman rumah. Banyak kiat yang diterapkan dalam menanam tomat, tapi sejauh ini yang paling sukses menurut penulis adalah menanam tomat secara hidroponik.


cara menanam tomat dalam pot di halaman rumah
Penduduk di perkotaan umumnyamemiliki keterbatasan lahan, oleh karena itu sebaiknya memanfaatkan halaman rumah sebagai lahan bercocok tanam. Banyak jenis tanaman yang cocok di tanam di halaman rumah, seperti tomat, cabe rawit, daun bawang, seledri, bayam dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua tanaman sayur dapat dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus untuk kebutuhan dapur sehari-hari. Contohnya saja tomat yang telah masak, akan terlihat lebih cantik bila dibandingkan dengan tanaman bunga sekalipun. Berikut ini tips menanam tomat di halaman rumah.

Perisapan wadah tanam tomat

Jika kita menanam tomat di halaman rumah, maka sebaiknya kita menggunakan wadah untuk menanam tomat. Wadah itu bisa berupa pot tanaman ataupun polybag. Wadah ini juga berguna untuk mengoptimalkan penyebaran pupuk, dimana unsur hara yang terkandung dalam pupuk tidak akan meluber terlalu jauh dari akar tomat.

Pot untuk tanaman tomat tidak harus dibeli berupa pot tanaman khusus, kita bisa memanfaatkan kaleng cat bekas sebagai wadah tanam, atau beli saja polybag ukuran diatas 5 Kg. Ukuran wadah ini sangat penting sebab tomat akan lebih optimal bila ditanam pada wadah berukuran sedang – besar. Pada wadah kecil, biasanya tanaman tomat akan tumbuh kerdil dengan buah yang kecil-kecil pula.

Persiapan Media tanam tomat

Bila kita ingin menanam tomat di halaman rumah secara hidroponik maka sebaiknya gunakan media tanam dari bahan-bahan yang dapat menyerap air, seperti spons, batu apung, serbuk gergaji, serbuk bambu, sabut kelapa dan lain sebagainya. Media-media tanam tersebut bisa dicampur dengan kerikil agar dapa menopang akar serta batang tomat lebih baik.

media tanam tomat dalam pot
Bila kita menanm tomat di halaman rumah dengan cara biasa (non hidroponik) maka media tanam yang harus dipersiapkan cukup tanah humus + kerikil + pasir. Adapun perbandingan media tanam ini adalah 1:1:1. Selain itu kita juga bisa menambahkan sedikit kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Memilih dan Semai bibit tomat

Pilihlah bibit tomat yang sesuai dengan daerah tempat tinggal kita, kalau kita tinggal di dataran rendah maka pilih bibit tomat yang khusus untuk dataran rendah, begitu juga bila kita tinggal di dataran tinggi maka pilihlah bibit tomat yang cocok untuk dataran sedang – tinggi. Jenis bibit dataran rendah – sedang – tinggi biasanya tercantum pada label bungkus bibit tomat.

Jika kita menanam tomat di halaman rumah lebih dari 10 pot, maka sebaiknya penyemaian bibit tomat dilakukan terpisah (diluar wdah/ media tanam). Namun bila kita hanya akan menanam tomat 1 pokok saja maka penyemaian dapat langsung dilakukan pada pot/ polybag. Pemisahan lokasi penyemaian ini bertujuan untuk mempermudah seleksi bibit tomat dan juga untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman tomat.

Pemupukan tanama tomat di halaman rumah

Pemupukan dilakukan seminggu setelah tanaman tomat dipindahkan ke media tanam, setelah berumur 21 hari maka pemupukan sebaiknya dilakukan seminggu sekali. Pupuk yang digunakan adalah urea + NPK bisa juga diberi butiran amapos. Pupuk sebaiknya diberikan dengan sistem cor (pupuk dilarutkan terlebih dahulu dalam air lalu di peram beberapa hari, baru disiramkan ke permukaan media tanam dalam pot). Sistem cor ini akan lebih optimal dalam meningkatkan produksi tomat dalam pot.



Perawatan tanaman tomat dalam pot

Perawatan paling penting untuk tanaman tomat adalah pengguntingan / pangkas daun dan tunas tomat. Daun tomat yang sudah tua dan meutupi buah serta tunas yang tumbuh di pangkal daun harus digunting/ dipangkas. Untu memangkas daun tomat dapat digunakan gunting atau pisau silet, sedangkan untuk membuang tunas bisa dilakukan dengan memetiknya dengan tangan. 

Hama tanaman tomat cukup banyak, biasanya tomat dalam pot akan diserang oleh hama thrips-kutu daun, semut dan lalat buah. Untuk mengendalikan hama ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan insektisida khusus sesuai dengan serangan hama pada tanaman tomat.



Panen tanaman tomat dalam pot.

Banyak warga perkotaan yang menanam tomat dalam pot di halaman rumah enggan atau merasa sayang untuk memanen buah tomat yang telah matang. Padahal jika kita membiarkan buah yang telah matang tersebut dalam waktu lama akan dapat mengganggu pertumbuhan buah yang lain, selain itu bila tomat itu dibiarkan, pasti akan mengalami pembusukan. Oleh karena itu segera petik tomat yang telah matang.

Itulah cara menanam tomat dalam pot di halaman rumah secara sederhana dan garis besarnya saja. Untuk lebih teknis lagi, dalam bentuk gambar dan tutorial akan dituliskan dilain kesempatan. Semoga tulisan singkat ini memberi manfaat bagi kita semua.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+