Cara menanam daun bawang prei - budidaya

cara menanam daun bawang dalam pot

Cara menanam daun bawang dalam skala besar atau budidaya tidaklah sulit. teknik tanam yang sering digunakan di daerah pertanian adalah sistem bedeng, dimana pada 1 bedengan bisa ditanam 4 - 5 baris daun bawang. Guna bedengan pada budidaya palawija adalah untuk mengurangi genangan air terutama pada musim penghujan. Perlu diketahui bawa tanaman bawang-bawangan tidak bisa tumbuh dengan baik bila tergenang air.


Berikut ini cara menanam daun bawang:

Persiapan lahan
Tanah digmburkan, singkirkan semua bekas gulma. Setelah itu tanah bisa disemprot herbisida (untuk mengurangi pertumbuhan gulma berikutnya) atau bisa juga tanpa ada penyemprotan herbisida. Selanjutnya buat bedengan setinggi 30 cm, lebar bedengan sebaiknya 50 cm.



SEtelah bedengan jadi, segera taburkan pupuk kandang / kompos secara merata di atas bedengan. Biarkan selama 3 hari, setelah itu lakukan pelobangan dengan jarah 10 cm diatas beden, gunanya untuk tempat menanam bibit daun bawang prei.

Persiapan bibit daun bawang dan penanaman:
Bibit daunbawang berasal dari anak daun bawang, bibit ini banyak dijual di pasar-pasar pertanian. Harganya juga cukup murah sekitar Rp. 10.000/ 100 bibit. Potong daun bibit lalu tanam di lobang-lonang yang telah disiapkan di bedeng. Pada hari pertama penanaman tidak diperlukan pemupukan dan lain sebagainya. Namun bila tanah terlalu kering maka bedengan bisa disiram atau cukup mengalirkan air melalui parit-parit bedengan selama -/+ 3 jam.

Pemeliharaan tanaman daun bawang
Pemeliharaan daun bawang lebih cenderung pada pemupukan dan pengendalian hama. Pemupukan bisa dilakukan seminggu setelah menanam bibit. Pupuk yang digunakan cukup Urea + NPK. Setelah itu pemupukan dilakukan 1 x 2 minggu. Pengendalian hama tanaman dalam budidaya daun bawang paling praktis adalah dengan penyemprotan pestisida, adapun jenis pestisida yang digunakan adalah jenis Insectisida yang mampu membasmi ulat daun beserta telurnya. Hama musuh utama daun bawang hanyalah ulat daun saja.  Dalam menanam daun bawang, sebaiknya lakukan analisa usaha terlebih dahulu agar bisa melakukan penyesuaian luas lahan yang paling menguntungkan.

Di daerah tertentu, menanam daun bawang mungkin tidak akan menguntungkan bila dibudidayakan dalam skala luas. Oleh karena itu banyak orang menanam daun bawang sekedar tanaman sela saja, atau ditanam dalam jumlah kecil. Hal ini karena fluktuasi harga cukup tinggi sebab daun bawang bisa disubstitusi dengan bawang merah.



Di indonesa dikenal dua jenis daun bawang prei, yakni; daun bawang yang berongga dan tanpa rongga. Untuk Sumatera Utara, masyarakat lebih menyukai daun prei yang tidak berongga sedangkan di Sumatera Barat kebanyakan masyarakatnya lebih menyukai daun bawang yang berongga. Hal seperti ini penting untuk diperhatikan, karena jika kita menanam daun bawang yang tidaj sesuai dengan permintaan pasar, maka kemungkinan besar budidaya daun bawang tidak untung.

Itulah cara menanam daun bawang dalam skala besar / budidaya, pada dasarnya menanam daun bawang prei ini sama dengan menanam bawang merah. Artikel lainnya bisa juga dibaca tentang cara menanm cabe dalam pot di sini. Semoga artikel menanam daun bawang ini memberi manfaat.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+