Cara memilih bibit bawang merah yang baik

Sebelum lebih lanjut tentang cara memilih bibit bawang merah yang baik, terlebih dahulu perlu kita ketahui tentang standar ukuran bibit. Secara umum bibit bawang merah berdasarkan ukuran dibagi menjadi tiga jenis, yakini; besar, sedang dan kecil. Ketiga jenis ukuran bibit ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang akan kita jelaskan secara singkat.
ukuran bibit bawang merah yang baik

Jenis bibit bawang merah berdasarkan ukuran (Sumarni dan Hidaya, 2005):
  1. Bibit besar: Memiliki diameter lebih dari 1.8 cm atau beratnya diatas 10 gr persiung.
  2. Bibit sedang: Diameternya antara 1,5 hingga 1,8 cm dengan bobot 5 hingga 10 gr/ siung
  3. Bibit kecil: Diameter dibawah 1,5 cm dengan berat dibawanh 5 gr/ siung.

Banyak pemula terjebak dalam memilih bibit bawang merah, mereka cenderung memilih benih berukuran besar. Jika kita memilih ukuran besar tentu saja akan membutuhkan lebih banyak modal produksi, sebab benih bawang merah diukur berdasarkan berat bukan biji (jumlah). Sebagai informasi tambahan, harga bibit jauh lebih mahal dari bawang sayur, perbandingan harga bisa 2 kali lipat. Kelebihan bibit bawang merah ukuran besar adalah; biasanya pada masa pertumbuhan akan menghasilkan banyak anakan.

Jika kita menggunakan bibit ukuran kecil maka biaya produksi bisa dihemat sedemikian rupa. Kekurangan menggunakan bibit bawang merah kecil adalah; biasanya menghasilkan sedikit anakan selama proses pertumbuhan, padahal jumlah anakan ini tentu akan mempengaruhi perolehan hasil produksi. Saat ini cukup banyak petani budidaya bawang merah skala kecil lebih memilih bibit kecil, mungkin karena keterbatasan modal. Biasanya mereka meransang pertumbuhan dengan berebagai tambahan pupuk kimia/ organik untuk lebih mengoptimalkan petambahan anakan.



Menurut saya pribadi, lebih baik memilih bibit ukuran sedang. Biasanya kami di daerah dataran tinggi Tanah Karo cenderung lebih memilih jenis bibit sedang, cukup menghemat biaya produksi dan pertambahan jumlah anakan juga cukup optimal dalam proses budidaya bawang merah.

Memilih bibit bawang merah yang baik dari segi penampakan fisik:
  • Siungnya berisi sempurna, telihat padat (tidak kisut)
  • Kering, lapisan kulit bawang terluar terlihat mengkilat
  • Belum ada yang bertunas, biasanya bibit yang bertunas di tempat penjualan bibit adalah karena udara tempat penyimpanan agak lembab, atau bisa jadi bibit tersebut pernah disemprot dengan air (untuk menambah berat).



Bibit bawang merah yang baik adalah dipanen di umur cukup tua (minimal 80 hari). Bagaimana cara mengetahui umur panen bibit yang sedang dijual? rasanya tidak ada cara lain, selain bertanya langsung pada penjualnya. Tapi jangan terlalu khawatir, sebab umumnya penjual bibit akan tetap menjaga kualitas barang dagangan mereka.

Itulah cara memilih bibit bawang merah yang baik berdasarkan pengalaman dan sari dari beberapa hasil studi penelitian IPB. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan tentang perawatan bawang merah, cara tanam dan lain sebagainya silahkan sampaikan melalui form mail dibawah.

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+