Analisa usaha budidaya cabe di halaman rumah

Berbicara analisa usaha budidaya maka kita akan bersinggungan dengan untung rugi. Menanam (budidaya) cabe di halaman rumah yang sempit, apakah menguntungkan? Pertanyaan lucu, saya rasa semua kegiatan budidaya skala mikro, kecil hingga besar pasti memiliki peluang keuntungan. Hanya saja untungnya patilah sesuai dengan kapasitas lahan.

melakukan budidaya tanaman cabe di halaman rumah tetap bisa menguntungkan asal kita mampu mengkombinasikannya dengan teknologi terapan terkini, contohnya menanam cabe merah keriting di halaman rumah dengan teknik hidroponik sistem rak bertingkat.

Menanam cabe sistem rak bertingkat dan dikombinasikan dengan hidroponik sistem wick, saya rasa mampu memberikan keuntungan yang optimal (tetap saja bergantung pada harga cabe-cabean di pasaran).

Gambaran menanam cabe dengan sistem rak; menanam rawit atau merah keriting dengan sistem rak, maksudnya kita membuat rak bertingkat di halaman rumah seperti gambar dibawah ini.
contoh rak hidroponik sederhana untuk cabe di halaman
Saya rasa, sesempit apapun halaman rumah kita tetap saja dapat dilakukan budidaya cabe merah keriting / rawit menguntungkan asal kita menrapkan teknologi yang tepat guna.

Analisa sederhana keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menanam cabe di halaman dengan sistem rak hidroponik sebagai berikut:
  • 1 pokok (batang) cabe yang sehat mampu menghasilkan buah sebanyak 2 Kg.
  • Harga cabe rata-rata di pasaran sepanjang tahun Rp. 22.500,-
  • Jumlah cabe dalam lahan 2 x 2 meter dengan sistem rak kurang minimal 25 batang (rak 5 tingkat).
  • Biaya maksimal/ batang cabe = Rp. 20.000,-
Hitung-hitungan:
hasil produksi 25 x 2Kg = 50 Kg
total pendapatan 50 x Rp. 25.000,- =Rp. 1.250.000,-
Biaya produksi 50 x 15.000,- = Rp. 750.000,-
total keuntungan Rp. 1.250.000 – Rp. 750.000 = Rp. 500.000,-
Keuntungan lain = keuntungan kepuasan, prestise dan sosial Open-mouthed smile

Kok ada pula keuntungan prestise ya? coba bayangkan anda seorang bos perusahaan tapi punya kebun cabe di halaman rumah yang anda urus sendiri? pastinya ada rasa bangga ketika ada orang lain bertanya tentang kebun cabe di halaman rumah anda tersebut… hahaha… terus keuntungan social apa? dengan adanya sesutu yang unik di halaman rumah, pastinya akan mengundang tetangga dekat bahkan jauh untuk berkunjung ke halaman rumah anda, cimiw… heheh.

Itulah sekedar ulasan singkat untung rugi analisa budidaya cabe merah/ rawit di halaman rumah yang sempit. Semoga memberi manfaat bagi kita semua, selabihnya mari diskusikan melalui form komentar.. info tambahan, Smile penulis juga menjual bibit cabe unggul secara eceran (Rp. 15.000/ paket), tersedia bibit cabe dataran rendah,sedang hingga tinggi.. informasi 0856 6222 372 (whats app) atau 0858 3759 9050 (telpon/ sms).

Related:

Share this article :
Fb Tweet G+

No comments: